Sumber : NBC

DeveNews.com-Costa Rica. Kini buah nanas tidak lagi identik dengan warna kuning. Baru-baru ini, inovasi buah genetik nanas berwarna pink telah disetujui badan pengawas obat dan makanan di AS untuk dikonsumsi manusia.

Nanas pink ini diciptakan oleh Del Monte Fresh Product. Cara pembuatannya pun mudah, ‘hanya’ menekan beberapa gen buah agar warna dagingnya jadi merah muda serta lebih manis.

“Del Monte telah memenuhi seluruh persyaratan dengan mendemonstrasikan bagaimana proses pembuatan daging buah nanas berwarna pink. Tidak hanya unik, proses ini juga membuat nanas tersebut lebih bernutrisi dibandingkan nanas biasa,” ujar perwakilan badan pengawas makanan di AS kepada timĀ NBC.

Nanas pink ini dibuat dengan menekan level produksi enzim di dalam buah nanas yang seharusnya berfungsi merubah pigmen likopen pink jadi pigmen beta karoten kuning. Likopen sendiri adalah pigmen yang membuat warna merah pada tomat dan pink pada buah semangka, sehingga zat ini sangat aman untuk dikonsumsi.

Kabarnya, nanas pink ini akan dikembangbiakkan di Costa Rica. Namun karena masih dalam tahap awal produksi, nanas pink ini masih sangat langka dan tentunya dijual dengan harga lebih tinggi dibandingkan nanas biasa. Apalagi Del Monte menjanjikan kualitas nanas pink ini jauh lebih enak dan manis dibanding nanas biasa.

Dengan majunya teknologi agrikultural saat ini, tidak heran semakin banyak perusahaan makanan yang mampu menciptakan inovasi baru lewat metode rekayasa genetika. Kombinasi gen dan zat kimia yang tepat membuat beberapa buah/hewan yang sudah ada tumbuh lebih besar ataupun berubah penampilan.

Namun sepertinya sulit mengharapkan buah dan makanan hasil rekayasa genetik untuk dijual di pasaran bebas hingga ke seluruh dunia. Selain pengembangbiakan yang membutuhkan waktu, buah hasil rekayasa genetik pasti dijual lebih mahal sehingga tidak semua kalangan mampu membelinya.

Inovasi kreatif inipun tidak hanya akan berhenti sampai di nanas pink ini saja. Menurut juru bicara Del Monte, tim mereka tengah melakukan percobaan rekayasa genetik terhadap beberapa macam buah lain. Namun baru nanas berwarna pink inilah yang sudah teruji layak untuk dikonsumsi manusia. [][Donna F]]