Olahraga di Musim Panas
popsugar-assets.com

DeveNews.Com – Jakarta. Musim panas mungkin bukan musim yang disukai banyak orang. Walaupun begitu, musim satu ini adalah saat yang tepat untuk melakukan banyak aktivitas di luar ruangan. Sayangnya, banyak yang menolak untuk beraktivitas di bawah sinar matahari karena dianggap terlalu terik dan panas. Faktanya, banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk mulai meminimalisir olahraga dibawah teriknya matahari musim panas karena dapat menyebabkan heatstroke dan dehidrasi. Dilansir dari laman medicaldialy.com, jika kamu adalah tipe orang yang tidak dapat berdiam diri di dalam ruangan dan selalu ingin berolahraga diluar, then it’s important to take precautions to avoid the negative effects. Berikut beberapa tipsnya!

  1. Pastikan kamu terhidrasi

Di musim panas, tubuh kehilangan cairan lebih cepat. Dehidrasi adalah salah satu kemungkinan yang tidak dapat dihindari ketika kamu berolahraga di luar ruangan. Pastikan untuk selalu membawa air mineral atau minuman elektrolit agar tubuh tetap terhidrasi. Kamu juga dapat memonitor warna urin untuk melihat apakah tubuhmu terhidrasi dengan baik atau tidak.

  1. Cek kelembapan

Udara yang terlalu lembab dan panas akan membuat suhu tubuh berubah drastis. Jika kamu merasa udara panas diluar terlalu lembab maka ada baiknya kamu berolahraga di dalam ruangan saja. Mulai lakukan penyesuaian tentang olahraga apa yang sebaiknya dapat kamu lakukan di dalam ruangan. Pergi ke gym juga dapat menjadi alternatif untuk dipertimbangkan.

  1. Hindari olahraga berlebih

Walaupun kamu merasa dalam kondisi fit dan terhidrasi dengan baik, kamu tidak dapat memprediksi terjadinya heatstroke. Kondisi ini dapat menyerang secara tiba-tiba apabila suhuh tubuh mencapai lebih dari 104 derajat Fahrenheit. Udara panas dan olahraga berlebih dapat menyebabkan tubuh terkena heatstroke yang dapat merusak organ serta menyebabkan kematian. Gejala awal kondisi ini sendiri adalah rasa pusing, mual, muntah, detak jantung berlebih serta kesulitan bernafas.

  1. Olahraga di pagi atau malam hari

Salah satu cara terbaik untuk menghindari udara panas adalah dengan berolahraga di pagi buta atau malam hari. Waktu tersebut adalah waktu terbaik karena suhu udara akan kembali stabil.

[Bella Setiawati]