Sumber : femina.co.id & herworldplus.com

DeveNews.com-Jakarta. Korea memiliki standar kecantikan yang tinggi dibanding negara-negara lainnya di dunia. Berbeda dengan standar kecantikan wanita barat yang cenderung lebih luas dan universal. Hal ini ternyata juga berlaku dalam standar rutinitas makeup bagi wanita korea yang jauh berbeda dengan wanita Amerika. Dilansir dari laman nylonpink.tv, berikut beberapa perbedaan mencolok dalam hal pemilihan makeup dan perawatan kecantikan sesuai dengan standar dalam kedua budaya antara Korea dan Amerika.

1. Penggunaan Kontak Lensa

Wanita di Amerika cenderung tidak begitu suka memakai lensa kontak berwarna, berbeda dengan wanita Korea yang menjadikan lensa kontak sebagai suatu hal wajib untuk dipakai sehari-hari. Dengan berbagai varian model dan warna. Lensa kontak juga menjadi a must have starter yang harus dikenakan wanita di Korea sebelum memulai rutinitas makeup. Di korea, lensa kontak dapat mudah dibeli dengan harga murah, sedangkan di Amerika lensa kontak hanya dapat dibeli di optik dengan resep dokter dan cenderung mahal.

Sumber : pinterest.com

2. Pemilihan Foundation

            Wanita barat memilih foundation yang dapat memberikan full coverage dengan pemilihan shade yang lebih gelap dari warna asli kulit (they love tan !). Sedangkan wanita korea menjadikan BB Cream atau CC Cream sebagai foundation andalannya, dengan tekstur ringan dan wet-dewy finish look. BB atau CC Cream juga mengandung tambahan SPF dan kandungan lainnya yang dapat merawat kulit. And the shades are just so dang light !

Sumber : twimg & pinterest.com

3. Alis dan Bulu Mata

            Wanita barat mendambakan alis yang tebal dan tegas, dengan warna-warna gelap. Lain halnya dengan wanita korea yang memilih alis model lurus dan warna yang terlihat menyatu alami dengan warna rambut. Sedangkan untuk bulu mata, wanita barat menggemari penggunaan bulu mata palsu agar tampak lebih panjang, berisi dan tegas untuk menyeimbangkan eye makeup mereka yang cenderung menggunakan banyak warna berani sebagai eyeshadow. Berbeda dengan wanita korea yang hanya mengandalkan maskara untuk melentikkan bulu mata atas dan bawah, sekaligus menciptakan efek innocent dolly look pada wajah.

Sumber : ytimg & pinterest.com

4. Contour dan Blush

            Kaum hawa di Korea hanya melakukan contouring pada bagian hidung agar terlihat lebih mancung, berbeda dengan wanita Amerika yang selalu mengaplikasikan full face contouring dan highlighting untuk menegaskan bentuk rahang dan tulang pipi. Untuk urusan perona pipi, wanita barat memilih untuk menggunakan bronzer berwarna gelap untuk menciptakan efek sun kissed look pada wajah. Lain halnya dengan wanita Korea yang menggemari blush berwarna terang seperti pink, merah dan oranye.

Sumber : cliomakeup & blogspot.com

5. Bibir

            Di Amerika, lipstick dengan tekstur matte dan warna-warna bold seperti merah, coklat, ungu atau warna-warna nude sangat digemari Idealnya, wanita Amerika akan mengaplikasikan lip liner terlebih dahulu sebelum memakai lipstick agar bibir mereka terlihat penuh dan berisi. Di korea, trend ombre lips dengan warna-warna kalem seperti pink dan peach sangat digemari.

Sumber : femina.co.id & herworldplus.com

6. Skincare Routine

Mencuci muka, menggunakan toner dan pelembab menjadi rutinitas umum yang dilakukan oleh wanita Amerika sehari-hari untuk menjaga kebersihan kulit wajahnya. Mereka tidak neko-neko dalam hal perawatan kecantikan kulit, oleh karena itu skincare routine mereka tergolong cepat, mudah dan simple. Hal ini berbanding terbalik dengan wanita Korea yang memiliki serangkaian perawatan wajah untuk menghindari breakouts.

Sumber : macyassests & lipstiq.com

[][Bella Setiawati]]