Peralatan dan Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Saat Melakukan Perjalanan Wisata

Pastikan untuk tidak lupa membawa perlengkapan yang harus dibawa saat liburan bersama teman maupun keluarga. Perlengkapan selama liburan sendiri bisa disesuaikan dengan jenis liburan yang akan dilakukan, cuaca di lokasi, serta kegiatan selama liburan.

Terutama bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan traveling jarak jauh untuk mendapatkan manfaat berlibur, berikut ini ada daftar perlengkapan barang yang sebaiknya dibawa. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Bawa Pakaian Secukupnya

Bawa Pakaian Secukupnya

Pastikan dulu berapa hari Anda akan berlibur. Selanjutnya bawa beberapa potong pakaian yang dibutuhkan serta tambahkan juga pakaian cadangan. Pakaian cadangan digunakan untuk berjaga-jaga saat Anda membutuhkan baju tambahan di tempat liburan nanti.

Adapun beberapa jenis pakaian yang harus dibawa antara lain adalah baju luaran, pakaian dalam, kaus tidur, serta jenis pakaian lainnya yang sekiranya akan Anda butuhkan. Jangan lupa juga untuk membawa jaket, terutama saat berkunjung di lokasi liburan yang berangin atau memiliki cuaca yang dingin.

2. Alas Kaki

Alas Kaki

Agar perjalanan tetap menyenangkan dan nyaman, pastikan untuk membawa alas kaki mulai dari sepatu dan juga sandal cadangan. Apalagi jika tempat berlibur yang akan dikunjungi memiliki medan yang berupa bebatuan, hutan, atau berpasir, maka alas kaki yang nyaman wajib dikenakan.

Jika bisa, Anda juga sebaiknya menggunakan jenis sepatu yang kedap air. Selain itu, pastikan jika alas kaki yang digunakan pas dengan ukuran kaki. Dengan demikian, acara berlibur juga akan lebih nyaman, tanpa perlu khawatir kaki yang lecet akibat alas kaki yang tidak tepat.

3. Tas Travel

Tas Tavel

Barang ini menjadi salah satu barang penting yang sangat dibutuhkan karena fungsinya. Penggunaan tas bisa disesuaikan dengan liburan yang akan dilakukan. Jika memang perjalanan dilakukan lebih dari 1 tempat, tidak ada salahnya menggunakan backpack yang praktis untuk digunakan kemana-mana dan berpindah-pindah tempat.

Beda lagi, jika Anda merencanakan liburan dengan membawa banyak pakaian dan peralatan lainnya. Dalam hal ini, tidak ada salahnya jika Anda membawa koper beroda yang bisa memuat lebih banyak barang dan lebih mudah dalam membawanya.

Saat membawa koper, Anda juga bisa menyisipkan tas kecil. Fungsinya adalah untuk digunakan saat ingin menjelajahi tempat wisata tanpa harus kerepotan membawa koper kemana-mana. Sedangkan kopernya, bisa diletakkan di hotel yang merupakan lokasi bermalam Anda setelah selesai jalan-jalan dan butuh tempat istirahat.

4. Perlengakapan Sanitasi

Perlengkapan Sanitasi

Yang dimaksud adalah sikat dan pasta gigi, sabun, dan juga shampo. Dengan membawanya sendiri dari rumah, Anda juga bisa lebih bebas saat menggunakannya kapan saja dan dimana saja. Anda juga tidak perlu meminjam dari orang lain dan bisa menggunakan milik sendiri sewaktu-waktu.

Kita juga tidak tahu kebersihan peralatan sanitasi milik orang lain, bukan? Menggunakan perlengkapan milik sendiri tentunya lebih aman. Pastikan untuk menyimpan perlengkapan sanitasi tersebut ke dalam tempat yang tahan air.

5. Uang Tunai

Uang Tunai

Uang tunai juga sebaiknya selalu di bawa untuk berjaga-jaga. Meski Anda membawa ATM atau alat pembayaran Non tunai sekalipun, keberadaan uang tunai akan selalu dibutuhkan. Seperti yang diketahui, belum semua tempat melayani pembelian atau transaksi non tunai dan hanya menerima pembayaran melalui uang tunai saja.

Anda bisa membawa uang dalam jumlah secukupnya saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, dimana salah satunya adalah risiko uang yang hilang. Pastikan untuk selalu menyimpan uang tunai tersebut secara aman di dalam dompet atau tas.

Sedangkan jika yang Anda lakukan adalah jalan-jalan ke luar negeri, maka selalu pastikan untuk membawa mata uang negara yag dituju. Apalagi, tidak semua tempat penukaran uang bisa ditemukan dengan mudah, terlebih bagi Anda yang baru pertama kali berada di negara asing.

6. Perlengkapan Dokumen

Perlengkapan Dokumen

Ada beberapa perlengkapan dokumen tidak ditinggalkan saat pergi liburan, seperti KTP, SIM, serta tiket perjalanan. Khusus bagi Anda yang melakukan perjalanan ke luar negeri, selalu siapkan paspor dan visa.

Dokumen yang telah disebutkan di atas merupakan dokumen yang sangat penting sehingga perlu dijaga agar tidak hilang. Dokumen berguna sebagai identitas diri yang sebaiknya disimpan di dalam tas kecil atau dompet yang selalu di bawa.

Selain berbagai jenis dokumen di atas, ada juga jenis dokumen lainnya yang cukup penting yakni bukti reservasi hotel. Bukti reservasi hotel biasanya ditunjukkan kepada petugas hotel tempat Anda menginap nantinya.

6. Obat-obatan

Obat obatan

Selalu bawa obat-obatan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan selama dalam perjalanan. Beberapa jenis obat-obatan yang sebaiknya dibawa antara lain adalah minyak angin, anti alergi, obat sakit kepala, dan lain sebagainya.

Meski saat berangkat Anda merasa segar dan fit, namun tidak ada salahnya untuk menyiapkan perlengkapan satu ini sejak awal. Karena siapa tahu, Anda membutuhkannya, terutama saat tubuh capek dan cuaca di lokasi berubah-ubah. Selain jenis obat-obatan standar, bagi Anda yang memiliki jenis penyakit khusus, maka membawa obat-obatan pribadi menjadi keharusan.

7. Peralatan Kecantikan

Peralatan Kecantikan

Peralatan untuk kecantikan sangat diperlukan bagi Anda yang ingin tampil selalu cantik saat liburan. Perlengkapan yang harus dibawa saat liburan satu ini bisa berupa banyak hal tergantung pada kebutuhan dan rutinitas harian.

Adapun beberapa peralatan standar yang bisa dibawa selama liburan antara lain adalah pembersih, pelembab, sunscreen, lipstik, dan toner. Selain itu, jangan lupa untuk membawa peralatan tata rambut.

8. Peralatan Eletronik

Peralatan Eletronik

Beberapa jenis peralatan elektronik yang harus dibawa antara lain adalah telepon genggam, pengisi daya elektronik, laptop, kartu memori, hingga power bank. Membawa power bank sangat dibutuhkan terutama saat Anda tidak menemukan stop kontak untuk mengisi daya ponsel.

Anda juga bisa membawa kamera untuk mengabadikan pengalaman liburan agar lebih berkesan. Tidak lupa pula membawa earphone atau headset untuk mendengarkan n musik secara lebih nyaman dan tenang tanpa harus mengganggu orang sekitar.

9. Makanan Ringan

Makanan Ringan

Tentu Anda tidak ingin kelaparan di tengah jalan, bukan? Ada baiknya untuk siapkan camilan dan minuman selama perjalanan nanti. Tidak setiap tempat yang dikunjungi terdapat penjual makanan yang bisa didatangi untuk mengisi perut yang lapar.

10. Tisu Basah dan Tisu Kering

Tisu Basah dan Tisu Kering

Manfaat perlengkapan ini adalah untuk mengeringkan tangan saat basah hingga membersihkan alat makan saat ingin digunakan. Dengan adanya tisu, maka kebersihan akan lebih terjamin. Selain itu, tidak jarang juga lokasi untuk liburan memiliki jalan yang basah, sehingga tisu bisa digunakan untuk membersihkan kaki yang kotor.

Perlengkapan yang harus dibawa saat liburan, merupakan hal penting yang sebaiknya tidak ditinggalkan. Karena belum tentu, Anda bisa menemukan penjual perlengkapan tersebut selama berada di lokasi liburan nantinya. Inilah kenapa anda bisa mempersiapkan segalanya dengan matang, jika perlu catat apa saja yang perlu dibawa jalan-jalan.