Kerontokan Dini Pada Rambut
verywellhealth.com

DeveNews.Com-Jakarta. Peneliti kini kembali menemukan fakta mengejutkan terkait mengapa banyak orang sekarang ini mulai mengalami kerontokan dini pada rambut walaupun sudah menjalani pola hidup sehat.

Studi terbaru menunjukkan bahwa partikel yang terkandung dalam polusi yang seperti bahan bakar dapat membawa dampak buruk bagi protein yang mendukung pertumbuhan folikel rambut. Studi juga menunjukkan bahwa polusi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lainnya seperti jantung, kanker hingga masalah pernafasan.Selain itu,nyatanya, terpapar polusi terus menerus dapat menyebabkan masalah pada kulit kepala, salah satunya berujung pada kerontokan dini pada rambut.

Tim peneliti melakukan pengumpulan sample dari konsentrasi partikel debu serta diesel. Lalu  sampel tersebut dibiarkan terbuka dalam satu ruangan yang sama dengan contoh sel rambut manusia yang diambil sebelumnya untuk penelitian ini selama 24 jam. Hasilnya, tim menemukan fakta bahwa  protein β-catenin yang penting untuk pertumbuhan rambut berada di bawah level rata-rata setelah terekspos polusi seharian penuh.

Udara yang buruk juga mempengaruhi produksi protein seperti cyclin D1, Cyclin E dan CDK2 yang turut mensupport pertumbuhan rambut. Semakin lama diri kita terekspos polusi, maka akan semakin menurun juga kemampuan tubuh untuk memproduksi protein ini.

“Penelitian kami menjelaskan bahwa polusi udara dapat membawa dampak buruk bagi sel foliker dermal papilla pada rambut, oleh karena itu tidak heran banyak orang kini mulai mengalami kerontokan dini pada rambut,” jelas Hyuk Chul Kwon selaku pemimpin penelitian dari Future Science Research Center, Korea. Polusi udara sendiri diasosiasikan sebagai penyebab setidaknya 4.2 juta kematian di dunia setiap tahunnya, dimana lebih dari 141 juta penduduk dunia kini diestimasikan tinggal dalam lingkungan berpolusi.

[Bella Setiawati]