Pori-pori wajah
Sumber : trueskincarecenter.com

DeveNews.com –Jakarta. Ukuran pori-pori wajah yang membesar seringkali menjadi faktor pemicu stress. Faktanya, pori-pori besar adalah hal yang alami dan biasanya nampak di area T Zone atau rentan berminyak seperti hidung, dagu dan dahi. Lalu bagaimana cara ampuh agar pori-pori terlhat kecil tanpa menyumbatnya ?

Dilansir dari laman seventeen.com, Dr. Robin Evans selaku ahli kecantikan dari SoCo Dermatology di Connecticut menyatakan bahwa ukuran pori-pori tidak dapat diubah secara permanen, namun kamu dapat mencegah penyumbatan pada area tersebut yang dapat memperbesar ukurannya. Yuk simak 5 tips ampuhnya !

1. Menjaga Pori-pori Selalu Bersih

Seringkali kita melewatkan beberapa step perawatan kulit setelah seharian lelah berkativitas. Tapi debu dan minyak yang menempel pada pori-pori dan tidak dibersihkan secara menyeluruh hanya akan membuat ukuran pori-porimu semakin membesar. Nah jika pori-pori kamu termasuk yang gampang membesar, maka jangan pernah lewatkan untuk memakai pembersih pori (pore cleaning cleanser) yang mengandung retinoid untuk menjaga pori-pori tetap bersih. “Pori-pori yang bersih akan membuatnya tidak kentara dipermukaan wajah,” jelas Dr. Robin.

2. Hindari Penggunaan Produk Masker dan Pore Strip Terlalu Sering

Penggunaan pore strip terutama pada kulit sensitif hanya akan melukai kulit dan pori-pori disekitarnya. “ Pore strip sebenarnya ampuh untuk mengangkat komedo dan kotoran yang menyumbat pori-pori, tapi secara tidak langsung mereka juga dapat mengiritasi kulit ketika ditarik atau dikelupas,” jelas Dr. Robin. Gunakan peeler dengan kandungan asam glycolic yang lebih lembut atau campurkan baking soda dengan air hangat lalu oleskan di sekitar pori-pori membesar dengan cotton bud agar kotoran terangkat dengan alami.

Baca Juga : https://www.devenews.com/tabir-surya-terbaik-devenews-com/

3. Rutin Menggunakan Produk Perawatan Kulit

Bertambahnya usia membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Kulit yang mengendur secara otomatis akan membuat pori-pori terlihat lebih besar. Oleh karena itu, hindari kebiasaan seperti merokok, konsumsi alkohol atau tanning karena kebiasaan ini dapat memicu kulit menua lebih cepat. Pastikan kulitmu selalu terlindungi ketika beraktivitas diluar ruangan seperti memaki SPF, pelembab dan serum agar kulit dan pori-pori wajah tetap terhidrasi.

Hindari Memencet Komedo

Jangan pernah memencet komedo karena hal tersebut dapat memperbesar ukuran pori-porimu dan membuatnya terinfeksi. “Nothing makes your pores more noticeable than an oozing red zit. Cara terbaik untuk mengangkat kotoran dan komedo yang menyumbat pori adalah dengan berkunjung langsung ke ahli dermatologis atau menggunakan produk cleanser untuk membersihkannya,” tambah Dr. Robin.

5. Pilih Foundation Yang Tepat

Makeup dengan produk yang tepat dapat menyamarkan pori-porimu secara instan. “ Gunakan foundation dengan kandungan mineral untuk menutupi pori-pori besar dan mencegahnya tersumbat. Selain itu makeup dengan kandungan mineral tinggi juga dapat membuat kulit terlihat lebih flawless dan bertekstur halus.”[][Bella Setiawati]]

Editor : Shofi Muhaya