Punya Masalah Gigi atau Mulut? RSGM YARSI Ahlinya!

RUANG PEMERIKSAAN ANAK-ANAK

Gigi merupakan bagian dalam mulut yang memiliki peran penting dalam proses pencernaan secara mekanik. Maka dari itu, gigi wajib dibersihkan secara rutin seperti menggosok gigi 2x sehari untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada gigi. Namun, karena kesibukan yang padat dan rasa lelah setelah beraktivitas membuat kita lupa menggosok dan membersihkan gigi. Oleh karena itu, muncul penyakit-penyakit pada gigi dan mulut.

Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) YARSI hadir memberikan fasilitas teknologi mutakhir sebagai solusi masalah gigi dan mulut. RSGM YARSI yang dibangun pada tahun 2016 ini beroperasi pukul 08.00 – 16.00, dan merupakan salah satu dari empat Rumah Sakit Gigi dan Mulut di Jakarta. Tersedia 75 dental unit dan dua jenis klinik, yakni Instalasi Klinik Integrasi dan Instalasi Klinik Eksekutif. Instalasi Klinik Integrasi merupakan tempat dimana para mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi belajar menangani masalah gigi pada pasien dan tentunya akan diawasi oleh dokter sebagai mentor mahasiswa.

INSTALASI KLINIK INTEGRASI (TENGAH)
INSTALASI KLINIK INTEGRASI (SAMPING)

Sedangkan di Instalasi Klinik Eksekutif, pasien akan mendapat pelayanan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut dari dokter gigi umum dan spesialis. Kedua instalasi tersebut memiliki ruangan yang comfy. Pasien akan merasa nyaman dan rileks saat ditangani oleh dokter. Terutama pada ruangan instalasi klinik eksekutif yang memiliki dua ruangan bertemakan tropical dan natural bamboo yang terkesan homey. Begitu juga dengan ruang pemeriksaan khusus anak-anak dengan wallpaper lumba-lumba yang membawa keceriaan saat pemeriksaan berlangsung.

RUANG PEMERIKSAAN ANAK-ANAK
RUANG EKSEKUTIF 1
RUANG EKSEKUTIF 2

Berlokasi di Menara YARSI, Jl. Letjend Suprapto, Cempaka Putih, Rumah Sakit Gigi dan Mulut ini menyediakan fasilitas pelayanan lengkap mulai dari IGD, rawat inap, kamar operasi, hingga pelayanan penunjang medik seperti pelayanan farmasi, laboratorium teknik gigi, radiologi gigi (x-ray, panoramic photo, dan cephalometric photo), rekam medik, dan sterilisasi instrument. Ada juga pelayanan medik spesialis yang terdiri dari orthodonti (kawat gigi), periodonti, prosthodonti (gigi tiruan), konservasi gigi, oral medicine, pedodonti (kedokteran gigi anak), dan bedah mulut.

RUANG IGD
RUANG RAWAT INAP

Berdasarkan wawancara ekslusif Devenews dengan Drg. Mia Mariani, kelebihan dari RSGM YARSI adalah adanya pelayanan khusus, yakni Painless Dental Care guna menangani anak-anak maupun dewasa yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi melalui pendekatan sedasi inhalasi, oral, atau intra vena sehingga pasien akan merasa lebih rileks saat menjalani pemeriksaan gigi. Lalu Dental Estetika sebagai perawatan gigi untuk menunjang penampilan keseluruhan dengan memperhatikan estetika di daerah gigi dan mulut. Dental estetika ini memiliki 3 treatment berbeda, yaitu Dental Veneer, Bleaching, dan Smile Makeover. Terakhir adalah medical checkup untuk pemeriksaan dasar gigi, tes narkoba, dan lainnya.

DRG. MIA (HEAD OF PUBLIC HEALTH & MARKETING DIVISION) – RSGM YARSI

Kelebihan lainnya dari RSGM YARSI ini adalah teknologi yang digunakan  merupakan teknologi terbaru dan canggih. RSGM YARSI  memiliki 3 mesin ­x-ray yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri, yaitu untuk pemeriksaan keseluruhan mulut dan sendi, juga pemeriksaan radiografis gigi geligi secara spesifik. Selain itu, ada juga kamera intraoral yang memudahkan dokter untuk memeriksa gigi dan mulut bagian dalam pasien. Pasien juga dapat melihat bagian gigi atau mulut yang diperiksa serta proses penanganannya. Kemudian, ada juga laboratorium pribadi yang membantu proses pembuatan gigi tiruan, mahkota dan lainnya sehingga masalah gigi dan mulut dapat diselesaikan dengan cepat tanpa perlu menunggu waktu yang lama atau memindahkan pasien ke rumah sakit lain. Proses pemeriksaan maupun penanganan gigi dan mulut sendiri hanya memakan waktu 15 hingga 30 menit. Waktu yang singkat, bukan?

KAMERA INTRAORAL
XRAY

Hingga saat ini, Rumah Sakit Gigi dan Mulut YARSI sudah menangani ratusan pasien. Menurut drg. Mia, sejauh ini belum ada kasus masalah gigi atau mulut yang parah, namun lebih ke konservasi (penambalan) hingga perawatan gusi dan sekitarnya, seperti gummy smile atau pendarahan gusi yang tak kunjung berhenti. “Kebanyakan lebih ke penampilan dan apa yang dirasakan pasien saat ini.”, ujar drg. Mia.

Harga yang ditetapkan oleh rumah sakit gigi dan klinik YARSI sangat terjangkau. “Kita punya dua harga. Harga pertama adalah harga normal. Itu dikerjakan oleh dokter gigi dan spesialis di ruang eksekutif. Sedangkan harga kedua kita tetapkan menjadi lebih murah, dengan mahasiswa co-ass sebagai operator tindakan medis dengan persetujuan dan pengawasan dari dosen. Mereka harus lulus ujian dulu baru boleh memegang pasien.”, tutur drg. Mia. Rumah Sakit Gigi dan Mulut YARSI memang tergolong baru, namun dengan alat-alat yang canggih, ruang yang nyaman, dan dokter spesialis yang lengkap menjadikan RSGM YARSI dipercaya oleh masyarakat dalam mengatasi masalah gigi dan mulut Anda. Nah, tunggu apalagi?

 

Reporter : Claudia Fransisca