Pusing Karena Pesta Semalam
Sumber Gambar : fosmedia.me

DeveNews.Com- Jakarta. Pesta hingga larut malam seringkali mendatangkan efek seperti pusing di keesokan harinya, apalagi jika kita juga mengkonsumsi minuman beralkohol. Istilah hangover seringkali digunakan jika kita merasakan pusing atau kepala berat setelahnya.  Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk mengatasi hangover. But with so many possible solutions, where exactly do you start?

Awali dengan meminum banyak air putih keesokan harinya. Alkohol memiliki efek dehidrasi sehingga hal terbaik yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi hangover sehabis bangun tidur ialah dengan meminum banyak air putih. 4 gelas alkohol yang kamu minum setara dengan hilangnya 600 hingga 1.000 ml kandungan air di dalam tubuhmu. Hangover sendiri tidak disebabkan oleh tubuh yang dehidrasi, melainakan disebabkan oleh racun yang berasal dari alkohol tersebut. Para ahli menyarankan untuk meminum air putih yang telah dicampur oleh suplemen elektrolit untuk memperbaiki keseimbangan tubuh di pagi hari.

Menurut Keri Peterson M.D selaku internist asal New York, hangover adalah akan terjadi jika tubuhmu sudah mencapai batas toleransi alkohol. Oleh karena itu, mengatasi hangover dengan mengkonsumsi alkohol lagi di pagi harinya malah akan memperburuk kondisi tersebut. “Kamu memang akan merasa baikan, but it doesn’t cure the hangover and just merely postpones it until later in the day,” jelas Keri. Selain itu, banyak studi yang membuktikan bahwa metode mengkonsumsi alkohol untuk menyembuhkan hangover adalah hal yang buruk dan dapat menimbulkan ketergantungan jangka panjang.

Selain pusing, hangover juga dapat menyebabkan nyeri dan pegal-pegal pada seseorang di keesokan harinya. Para ahli menyarankan untuk menggunakan krim non-steroid atau meminum obat anti inflamasi dengan kandungan ibuprofen untuk mengatasinya. Hindari obat-obat yang mengandung acetaminophen, karena kandungan ini dapat memperparah metabolisme pada hati terutama jika tubuhmu masih memiliki jejak alkohol di dalamnya.

Then, go and find your comfort food. Ahli nutrisi Amy Shapiro merekomendasikan makanan seimbang yang terdiri dari protein, karbohidrat dan lemak untuk mengatasi hangover sekaligus mengembalikan kestabilan level gula darah. Amy juga menyarankan untuk mengkonsumsi sup dengan kuah bening untuk kamu yang masih merasa mual. “The soup is also easy for a fragile stomach to digest.”

[Bella Setiawati]