Sumber : Taste Of Home

DeveNews.com-Jakarta. Kesulitan kontrol kalori dalam porsi makanan sehari-hari? Idealnya, makan pagi dan makan siang harus diisi dengan makanan yang lebih berat karena nantinya akan digunakan sebagai tenaga untuk beraktivitas. Sementara makan malam diisi dengan makanan tinggi protein rendah kalori, terutama jika waktu makan Anda sangat dekat dari waktu tidur malam. Berikut dilansir dari Taste Of Home resep makan malam rendah kalori.

Salmon Panggang

Sumber : Taste Of Home

Pada dasarnya, daging ikan memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan daging sapi atau ayam. Tentu saja harus disesuaikan dengan metode memasak, sebisa mungkin hindari pengolahan dengan digoreng. Resep salmon panggang ini sangat cocok bagi Anda yang sedang melakukan kontrol kalori.

 

Bahan:

2 sdm cuka balsamik

2 sdm kecap manis

1 sdm minyak zaitun

1 sdm sirup maple

2 siung bawang putih, cincang

1 sdt cabe bubuk

1 sdt minyak wijen

1/4sdt garam

4 potong fillet ikan salmon (masing-masing 170 gram)

 

Cara Membuat:

*Dalam mangkuk, campurkan seluruh bahan (kecuali ikan), aduk hingga benar-benar merata sepenuhnya. Tuang bumbu marinade ke dalam kantong berperekat, masukkan ikan, usahakan seluruhnya terendam sempurna. Tutup kantong dan dinginkan di kulkas selama 30 menit.

*Keringkan salmon dari bumbu marinade, panggang di atas grill khusus atau bisa juga menggunakan fry-pan di kompor. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk memanggang dibandingkan menggunakan minyak goreng. Panggang kira-kira selama 5-10 menit hingga kematangan meresap ke dalam daging. DIsarankan untuk menggunakan potongan fillet tipis agar lebih cepat matang.

 

Catatan: HIdangan untuk 4 porsi, masing-masing mengandung 305 kalori

Nasi Tumis Ham

Sumber : Taste Of Home

Konsumsi karbohidrat saat makan malam tidak perlu dihindari, asalkan Anda pintar mengontrol porsi dan kalori. Coba resep tumis nasi dan ham ini untuk makan malam yang lebih berisi, namun dengan kalori terkontrol.

 

Bahan:

1 sdt minyak zaitun

1 buah bawang bombay, cincang

1 cup jamur segar, jenis sesuai selera

1 cup daging ham (sesuai selera), pilih yang rendah sodium

1/8 sdt lada

1/2 cup kaldu ayam, rendah sodium

1/4 cup air

3/4 cup beras instan cepat masak

1/4 cup keju parmesan

 

Cara Membuat:

*Dalam skillet tumis bawang bombay dan jamur hingga harum. masukkan kaldu, air, lada, dan daging jam hingga mendidih. Tambahkan beras dan aduk dengan api kecil hingga matang dan kaldu benar-benar meresap ke dalam nasi

*Setelah nasi matang sepenuhnya, campurkan dengan keju parmesan untuk menambah rasa gurih

Catatan: Hidangkan sekitar takaran 1 – 1.5 cangkir mengandung kalori 350 kalori. Cara memasak nasi tidak jauh berbeda dengan nasi tim ayam. Untuk pemilhan daging ham bisa dirubah sesuai dengan selera.[][Donna F]]

Editor : Shofi Muhaya