Sumbe : The Guardian

DeveNews.com- Swiss Tahun ini, perusahaan pembuat coklat terbesar di dunia – Barry Callebaut – baru saja menemukan inovasi cokelat yang berwarna pink alami.

Memiliki warna yang sangat cantik, cokelat yang diberi nama Ruby Chocolate (cokelat rubi) ini dijamin akan cepat menjadi hits terutama di era internet yang sangat mudah mempopulerkan jenis-jenis makanan baru dan unik.

Dilansir dari The Guardian, selain memiliki warna yang cantik, cokelat rubi ini juga memiliki rasa buah beri alami. Ini adalah inovasi pertama sejak Nestle memperkenalkan white chocolate (cokelat putih) lebih dari 80 tahun lalu ke pasaran. Saat ini, di dunia hanya ada 3 jenis cokelat alami yaitu dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate.

Sumbe : The Guardian

Warna yang cantik tentu proses pembuatannya pun tidak mudah. Proyek cokelat rubi ini sudah dikembangkan oleh Barry Calebaut sejak 13 tahun lalu. Saat itu, Barry Calebaut meng-klaim telah menemukan jenis biji cokelat baru saat eksperimen dan tengah mengembangkannya di lab.

Namun baru sejak 2 tahun lalu perusahaan ini mulai fokus mengembangkan cokelat berwarna pink tersebut, karena menganggap masyarakat modern saat ini semakin antusias akan keberadaan makanan unik.

Biji cokelat rubi ini dikembangbiakkan di Ivory Coast, Ekuador, dan Brazil. “Kami sama sekali tidak menambahkan perasa, pewarna, atau pengawet dalam bentuk apapun. Warna dan rasa cokelat rubi keluar secara alamiah dari biji cokelat tersebut,” ujar Peter Boone, kepala bagian inovasi dan kualitas Barry Callebaut, kepada The Guardian.

Untuk pemasaran cokelat rubi sendiri Barry Calebaut optimis produk uniknya ini akan cepat jadi tren di media sosial seperti Instagram. Beberapa tahun belakangan ini kecintaan masyarakat terhadap makanan berwarna-warni semakin bertambah. Misalnya saja, makanan serba hitam, bagel berwarna pelangi, hingga minuman kopi antariksa.

Bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk merasakan uniknya cokelat rubi ini, Anda masih harus bersabar hingga 6 – 18 bulan ke depan. Belum diketahui juga negara mana saja yang akan menjadi target pasar awal Barry Calebaut untuk penjualan cokelat rubi tersebut.

Dari survey awal pengenalan cokelat rubi ini terhadap pasaran, Cina memiliki tingkat antusiasme yang paling tinggi. Namun menurut Peter, negara lain pun ikut ‘penasaran’ terhadap produk cokelat pink mereka.

“Kami berharap cokelat rubi akan sepopuler dark, milk, dan white chocolate di masa depan,” ujar Peter.[][Donna]]

Editor : Shofi Muhaya