Jumlah Pasta Gigi Yang Tepat
orthodonticslimited.com

DeveNews.Com – Jakarta. Seberapa banyak pasta gigi yang sebaiknya kita gunakan agar kesehatan mulut tetap terjaga ? Kita pastinya sudah tidak asing dengan iklan pasta gigi yang menggunakan satu tekanan panjang dari isi pasta gigi yang menutupi hampir seluruh permukaan sikat. Namun apakah jumlah penggunaan pasta gigi tersebut sudah benar ? 

Dokter gigi menyarankan untuk menggunakan pasta gigi mengandung fluoride hanya sebesar biji jagung pada ujung sikat agar sesi sikat gigi lebih efektif. Jumlah lebih sedikit diperlukan jika digunakan pada anak-anak dibawah tiga tahun.

Namun hal ini bukan berarti menggunakan pasta gigi dalam jumlah banyak tidak dapat membersihkan gigi dan mulut ya. Hanya saja, selama ini ternyata kita mungkin telah memakai pasta gigi dalam jumlah yang berlebihan. Menurut sebuah survey di tahun 2018, 40% anak-anak usia tiga hingga enam tahun sudah menggunakan pasta gigi dalam jumlah banyak, hingga menutupi sebagian hingga seluruh sikat.

“Walaupun memiliki banyak manfaat, fluoride harus digunakan dalam jumlah yang tepat. Walaupun mineral baik ini dapat membantun mencegah berbagai masalah gigi dan mulut, terlalu banyak menggunakan fluoride dapat membuat gigi permanen mengalami kondisi fluorosis gigi seperti perubahan warna gigi atau munculnya bercak bercak pada enamel gigi.”jelas Dr. Mary Hayes selaku dokter anak asal Chicago.

Menurutnya, pasta gigi yang didesain khusus bagi anak-anak lebih berbahaya untuk digunakan secara berlebihan karena adanya wangi dan rasa manis yang disukai anak-anak. “You don’t want them eating it like food. We want the parent to be in charge of the toothbrush and the toothpaste,” jelas Dr. Mary. Beliau juga menyarankan agar orang tua selalu mengawasi anak-anak ketika menyikat gigi agar penggunaan pasta gigi dapat dikontrol dan tidak sampai tertelan.

Menggunakan pasta gigi dalam jumlah berlebih juga merugikan banyak orang dewasa, terutama jika kita menggunakan brand pasta gigi yang cukup mahal. Dr. Mary menyarankan untuk menggunakan sedikit pasta gigi dan lebih berfokus pada waktu dan cara penyikatan. “Dua menit adalah waktu yang ideal untuk menggosok gigi. Selain itu, pastikan kamu menggunakan berbagai macam arah agar setiap bagian mulut dan gigi dapat tersikat bersih. Jika pasta gigi yang digunakan terlalu banyak, busa yang dihasilkan dapat membuatmu merasa tidak nyaman dan ingin segera berkumur,” tambahnya.

 

[Bella setiawati]