Manfaat Bawang Merah
sciencenewsforstudents.org

DeveNews.Com-Jakarta. Kita semua pastinya sudah tidak asing lagi dengan bumbu dapur satu ini. Manfaat Bawang merah ternyata tidak hanya dikenal sebagai penyedap masakan saja lho, tapi juga memiliki banyak manfaat lainnya jika dikonsumsi bagi kesehatan tubuh kita. Bawang merah kaya akan antioksidan, senyawa anti inflamasi, serat, protein serta lemak baik yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Selain itu, bawang merah juga mengandung komponen baik seperti anthocyanin, quercetin dan thiosulfinate, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, melawan kanker dan mencegah pembentukan gumpalan darah. Grill it, bake it, boil it, fry it or eat it raw, ini dia 3 manfaat mengejutkan bawang merah yang perlu kamu ketahui !

  1. Mencegah kanker

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi bawang merah secara rutin dapat menurunkan resiko kanker seperti kanker perut, payudara hingga prostat. Hal ini dikarenakan bawang merah dapat mengontrol pertumbuhan sel di dalam tubuh dengan baik.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Bawang merah dapat mencegah osteoporosis dini dan meningkatkan masa tulang lho, terutama pada wanita dalam masa menopause.

  1. Menjaga gula darah

Mengkonsumsi 3.5 gram bawang merah setiap harinya dapat menurunkan gula darah secara signifikan terutama pada penderita diabetes tipe 2 dan 1.

Walapun memiliki manfaat-manfaat baik, bawang merah juga perlu dihindari beberapa orang dalam dietnya karena dapat menyebabkan iritasi mulut hingga alergi. Hal ini dikarenakan bawang merah juga mengandung FODMAPs, yakni kategori jenis karbo dan serat yang mungkin tidak dapat ditolerir sebagian orang, dimana konsumsi bawang merah terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut kembung, kram dan diare.

[Bella Setiawati]