Selalu Ingin Makan Yang Manis-Manis ? Yuk Atasi Dengan 5 Cara Ini !
Sumber Gambar : darrenbloggie.com

DeveNews.Com – Jakarta. Selalu butuh pencuci mulut setelah makan berat ? Mudah tergoda dengan makanan-makanan manis seperti kue dan coklat ? Dealing with a persistent sweet tooth can be a challenge. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi tentunya dapat membawa berbagai dampak buruk bagi kesehatan seperti penyakit jantung kronis. Dilansir dari laman medicaldialy.com, berikut 5 cara efektif untuk mengatasi segala asupan gula yang tidak diperlukan terutama jika kamu sedang menjalani diet, and you can ease your cravings !

  1. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat mempengaruhi nafsu makan seseorang karena adanya peningkatan produksi hormon gherlin yang berperan penting dalam membuat tubuhmu merasa lapar. Tidur kurang dari 8 jam setiap malamnya dapat menjadi alasan mengapa kamu selalu ingin banyak makan manis di keesokan harinya. Menurut sebuah studi pada tahun 2012 silam, partisipan yang tidak tidur dengan cukup akan mudah tergiur dan merasa lapar dengan hanya melihat gambar permen dan pizza saja.

  1. Baca selalu label nutrisi

Bisa jadi asupan gula yang terlalu banyak dalam tubuhmu berasal dari kandungan tersembunyi dalam makanan, seperti saus salad dan roti. “The first thing people notice when they limit added sugar is that their cravings are reduced,” jelas David Ludwig selaku professor dari Harvard T.H Chan School of Public Health.

  1. Kualitas bukan kuantitas

Jika kamu memang merasa sangat ingin untuk makan makanan manis, maka pilih makanan dengan kandungan gula yang dapat bertahan lama. Menurut Susan Moores selaku ahli nutrisi dari Minnesota, masalah seringkali terjadi jika seseorang mengkonsumsinya dalam jumlah banyak. “Pilih snack manis ukuran sedang dibanding kue coklat dengan ukuran besar. Savor every bite slowly. These act less like rewards and more like triggers for your cravings.”

  1. Cari alternatif

Jika ingin tetap mengkonsumsi makanan manis dan menjaga tubuh tetap sehat, maka coba cari alternatif jenis makanan yang dapat menjadi sumber gula bagimu. Hal ini dapat dilakukan salah satunya dengan cara mengganti beberapa makanan atau minuman dalam dietmu. Contohnya, ganti yoghurt biasamu dengan Greek yoghurt yang rendah gula sekaligus menambahkan beberapa topping buah diatasnya. Atau mengurangi minum minuman bersoda dan menggantinya dengan jus atau smoothies yang menyegarkan.

  1. Konsumsi banyak protein

Sama seperti lemak, protein dicerna lebih lama dibanding karbohidrat. Menurut Alissa Rumsey selaku juru bicara dari The Academy of Nutrition and Dietics, makanan tinggi karbohidrat dan rendah protein akan membuatmu lebih cepat lapar, sekaligus dapat menaikkan level gula darah. “This spike is followed by a drop or crash in blood sugar levels, which may contribute to your cravings,” jelasnya.

[Bella Setiawati]