Sumber Gambar : freshdesignpedia.com

Devenews.com – Jakarta. Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang seringkali dialami oleh mayoritas orang. Jae Won Joh, seorang mantan pengidap insomnia akut pun berbagi tips kepada Medicaldaily.com tentang 7 hal yang ternyata memegang peranan penting dalam menciptakan kualitas tidur yang baik, sekaligus dapat menyembuhkan insomnia perlahan tanpa perlu mengkonsumsi obat tidur.

Pastinya, bagi Anda yang sudah lelah berurusan dengan susah tidur, berikut tipsnya:

  1. Konsistensi

Pastikan Anda konsisten dengan jam tidur Anda di malam hari, begitu juga dengan jam bangun di pagi hari. Jam bangun ini juga harus berlaku di hari libur Anda, dan usahakan agar jam tidur yang sudah diatur ini tidak berubah untuk jangka waktu yang lama. Nantinya, tubuh yang sudah diprogram secara konsisten akan secara otomatis membuat Anda mudah mengantuk dan terlelap di jam tidur, dan pastinya menghindari Anda dari insomnia

  1. Waktu

Atur waktu dan usahakan untuk mendapat waktu tidur yang cukup minimal 7 hingga 8 jam setiap malamnya. Jae Won Joh mengatakan bahwa insomnia yang dideritanya sangat mengganggu fokus dan juga moodnya di esok hari. Dengan tidur yang cukup, tidak hanya kesehatan tubuh saja yang terjaga, tetapi juga membuat mood menjadi lebih baik keesokan harinya sekaligus meningkatkan performa dan konsentrasi dalam beraktivitas.

  1. Atur siklus tidur

Atur dan awasi siklus tidur Anda setiap harinya. Usahakan untuk tidak terbangun pada malam hari, terutama ketika Anda sedang tertidur lelap. Menurut Jae, akan susah untuk kembali terlelap apabila seseorang terbangun ditengah malam, untuk alasan apapun. Untuk penderita insomnia seperti dirinya, akan butuh waktu hingga satu jam atau lebih untuk dapat kembali terlelap.

  1. Olahraga

Ternyata dengan rutin berolahraga ringan minimal 30 menit setiap harinya, dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda pada malam hari loh. Olahraga rutin juga turut membantu menjaga waktu tidur Anda menjadi tetap konstan.

  1. Pola makan

Jae mengungkapkan bahwa makanan ringan seperti snack ternyata dapat mempengaruhi pola tidur dimalam hari. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan ringan atau small meal dapat memanipulasi tubuh untuk beranggapan bahwa Anda sudah kenyang, padahal tidak. Faktor inilah yang bisa membuat Anda terbangun ditengah malam karena lapar, atau justru malah tidak bisa tidur karena sebenarnya tubuh Anda masih memerlukan asupan. Pelajari body signals yang diberikan tubuh Anda, apakah Anda memang benar-benar lapar atau tidak, dan usahakan makan tepat waktu tanpa perlu ngemil.

  1. Kenyamanan

Sebelum tidur, pastikan ranjang Anda menjadi tempat yang nyaman. Perhatikan pula suhu ruangan jika Anda menyalakan AC atau pemanas, karena suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas hanya akan membuat Anda sulit terlelap. Pastikan juga Anda meletakkan bantal sesuai dengan tinggi kepala dan posisi tidur. These little things make a huge difference !

  1. Give efforts

Bagi para penderita insomnia dan gangguan tidur lainnya, tips-tips diatas mungkin akan sulit untuk dilakukan. But to achieve good sleeping patterns require efforts. Tidur merupakan salah satu kebutuhan utama yang penting untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat keesokan harinya.

Take your sleep seriously and it will pay off ! [][Bella Setiawati]