Manfaat Dari Mandi Air Hangat
dailyblogs.com.au

DeveNews.Com – Jakarta. Capek tapi kesulitan tidur? Atau rasa pegal akibat lelah seharian beraktivitas tapi tetap kesulitan untuk beristirahat? Stress akibat tuntutan pekerjaan dan insomnia bisa menjadi banyak penyebab kenapa kamu mungkin mengalami kesulitan untuk tidur dan beristirahat. Jawabannya: coba mandi dengan air hangat.

  1. Membawa Efek Rileks Tubuh.

Faktanya, mandi dengan air hangat dapat menjadi solusi bagi mereka yang kesulitan untuk relaksasi dan beristirahat. Hal ini dikarenakan suhu dari air hangat secara otomatis dapat membawa efek rileks pada tubuh, sekaligus menstabilkan suhu tubuh utama kita setelahnya.

  1. Menciptakan Rasa Ngantuk

Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa air hangat dapat memicu sinyal pada otak kita untuk memproduksi melatonin, yakni hormon yang berperan penting dalam menciptakan rasa ngantuk.

  1. Dapat Meredakan Nyeri dan Relaksasi Otot

Shahab Haghayegh dari departemen Biomedical Engineering di University of Texas melakukan analisa terhadap 5000 studi berkaitan dengan penggunaan air hangat. Shahab menyatakan bahwa mandi air hangat idealnya dilakukan 1 -2 jam sebelum tidur dan tidak lebih dari 10 menit. Mengejutkannya lagi, mandi air hangat dapat meredakan rasa nyeri dan arthritis terutama pada orang dewasa. Mandi air hangat juga dapat membantu merelaksasi otot dan mengurangi tekanan pada sendi untuk memperlancar sirkulasi darah serta membantu kamu tidur lebih lelap.

[Bella Setiawati]