Sumber : Readers Digest Asia

DeveNews.com –Jakarta.  Bepergian sendiri ke luar kota ataupun luar negeri pada dasarnya dapat menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menantang terutama bagi mereka yang senang berpetualang. Dengan bepergian sendiri, ada tips nya agar solo traveling aman dan nyaman, anda  juga lebih bebas untuk menjelajah ke berbagai tempat. Coba simak tips-tips keamanan di bawah ini bagi Anda yang akan menjadi solo traveler dikutip dari Reader’s Digest Asia :

Keamanan

Traveling sendirian sebenarnya tidak menyeramkan, tentunya jika Anda pintar-pintar menjaga diri. Anda harus memperhatikan tips solo traveling yang aman. Misalnya saja, hindari tempat-tempat sepi dan rawan di sore ataupun malam hari. Baiknya selalu kunjungi tempat-tempat yang memang ramai dipadati orang. Bagi kaum wanita yang memang lebih rentan menjadi korban kejahatan, selalu bawa pepper spray jika Anda menemui sosok yang sekiranya bermaksud kurang baik. Selalu bawa kartu identitas dan juga catatan kontak terdekat Anda agar jika terjadi kehilangan barang, sosok Anda akan lebih mudah dicari.

Rencana Matang

Bepergian ke tempat-tempat asing akan jadi sangat membingungkan jika Anda tidak punya perencanaan yang matang. Persiapkan barang-barang yang dibutuhkan sekaligus cadangan, misalnya saja menyimpan sebagian persediaan uang di salah satu area kantong tas dan setengahnya lagi di dompet. Jadi jika terjadi kehilangan atau pencurian, Anda masih memiliki persiapan uang.

Baiknya Anda juga membuat daftar-daftar tempat yang akan dikunjungi agar waktu liburan dapat diisi dengan aktivitas yang sudah terencana. Dengan browsing terlebih dahulu titik-titik wisata populer juga akan lebih memudahkan liburan Anda tanpa harus kebingungan mengatur rencana bepergian dadakan.

Baca Juga : https://www.devenews.com/tips-traveling-bagi-penderita-diabetes/

Sosialisasi

Bepergian sendiri tidak berarti Anda harus menutup diri untuk bersosialisasi. Justru ini adalah momen yang paling tepat bagi Anda untuk mencari teman baru. Selalu ramah terhadap orang asing, dan jangan malu untuk bertanya jika Anda menghadapi sesuatu yang membingungkan seperti mencari tempat atau jalan. Berkunjung ke kafe, restoran, ataupun bar juga merupakan salah satu trik jitu untuk bertemu dengan orang baru.

Update Keberadaan Anda

Tips Solo Traveling Aman & Nyaman
Sumber : Cerpin.com

Untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan, selalu berikan update informasi keberadaan Anda ke keluarga ataupun sahabat terdekat. Misalnya saja, saat Anda baru turun dari pesawat ataupun baru tiba di hotel, dan sebagainya. Update informasi semacam ini akan sangat berguna jika ada kejadian tidak diinginkan. [][Bella Setiawati]]

Editor : Shofi Muhaya