http://www.bodyandsoul.com

Devenews.com – Jakarta. Setelah seharian sibuk dikantor, level stress seseorang akan secara otomatis meningkat. Tapi tidak usah khawatir, karena ternyata ada beberapa bahan makanan yang bisa kamu olah sesuai selera yang sekaligus dapat membantu kamu memperbaiki mood dan meredakan stress.

Dilansir dari medicalhealth.com, berikut 5 bahan makanan kaya nutrisi yang dapat menjadi sumber energi alami bagi tubuh, sekaligus menurunkan level kortisol dan meningkatkan hormon serotonin untuk menangkal stress setelah lelah beraktivitas seharian.

  1. Sayuran hijau

Menurut Heather Mangieri, spokesperson untuk Academy of Nutrition and Dietetics, sayuran hijau yang mengandung banyak asam folat seperti bayam dapat membantu tubuh memproduksi dopamine, zat baik yang dapat membantu menenangkan otak dikala stress.

Sumber : authoritynutrition.com

2. Turkey

Makanan ala Thanksgiving ini mungkin kurang populer di Indonesia, namun ternyata daging turkey dapat memproduksi triotophan dan serotonin yang dapat mengatur rasa lapar dan juga memperbaiki mood. Penelitian pada tahun 2006 mengungkapkan bahwa orang-orang yang rutin mengkonsumsi daging turkey memiliki mood yang lebih baik dan tingkat emosi yang lebih stabil sehingga jauh dari stress.

 

Sumber : hungryforever.com
  1. Fatty fish

Ikan dengan kandungan lemak baik dan kaya akan omega 3 seperti tuna, salmon dan trout ternyata dapat menurukan tingkat kecemasan seseorang sehingga tidak gampang stress. Sebuah studi yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa kedokteran di tahun 2011 menyimpulkan bahwa dengan rajin mengkonsumsi ikan berlemak baik / fatty fish, tingkat kecemasan serta stress dapat menurun hingga 20% loh.

Sumber : mealandaspiel.com

4. Karbohidrat

Kabar baik bagi para pecinta makanan berkarbohidrat, karena ternyata mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi seperti roti, oatmeal atau gandum terbukti efektif dalam menangkal stress. Karbohidrat dapat menstimulasi produksi hormon serotonin atau hormon anti depresi secara alami dari dalam tubuh, sehingga dapat memperbaiki mood menjadi lebih baik seketika. Hormon serotonin juga dapat membuat perut kenyang lebih lama dan mencegah overeating.

Sumber : blog.ideafit.com
  1. Dark chocolate

Dilansir dari Health Magazine, mengkonsumsi coklat hitam atau dark chocolate dapat menurukan level hormon stress dan menghasilkan efek rileks didalam tubuh, Selain itu, dark chocolate juga dapat memberikan asupan antioksidan, menurukan tekanan darah tinggi dan memperbaiki sirkulasi peredaran darah.

Sumber : ndtvimg.com

Semoga bisa jadi referensi untuk menghilangkan stress Anda.

Baca juga: Mengenal Penyakit Ambeien atau Wasir Serta Pencegahannya

[Bella Setiawati]