Sumber : Reader's Digest

DeveNews.com-Jakarta. Musim hujan, kondisi cuaca yang dingin otomatis mempengaruhi kulit. Dari kulit bersisik hingga pecah-pecah pasti pernah dirasakan setiap orang, walaupun mereka yang memiliki kulit sensitif pasti akan mengalami kekeringan kulit lebih parah lagi. Dilansir dari Reader’s Digest, ini cara mengatasinya!

Kulit Pecah-pecah

Kondisi kekeringan kulit yang parah hingga menyebabkan pecah-pecah paling banyak terjadi di area tumit kaki, dan bisa sangat sulit untuk disembuhkan. Hal ini tentunya sangat mengganggu terutama mereka yang sering mengenakan sepatu atau sering terkena air karena akan menimbulkan rasa perih. Menurut Purvisha Patel, salah satu ahli dermatologis di Visha Skincare, mengaplikasikan sedikit saja lem super di area pecahan kecil dapat membantu menyatukan kulit. Namun tentunya hal ini sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan sering dan dalam jangka waktu panjang. Cara terbaik untuk mencegah kaki pecah-pecah adalah rutin mengaplikasikan losion atau krim dan dibungkus dengan kaos kaki.

Lip Balm

Tidak hanya untuk bibir, lip balm yang mengandung minyak cukup tinggi efektif untuk membantu pecah-pecah dan kulit kering di area jari tangan. Selain itu karena lip balm pada dasarnya ditujukan untuk aplikasi di bibir, maka pemakaian di tangan pun aman dan tidak berbau menyengat.

Masker Seledri

Menurut ahli fasial Ildi Pekar, masker seledri adalah masker yang sangat murah dan mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Selain itu, banyak yang tidak mengetahui seledri sangat efektif mengurangi kemerahan akibat kulit yang sangat kering. Vitamin K dalam seledri juga dapat membantu mencerahkan kulit, serta mengembalikan hidrasi. Tumbuk seikat seledri atau secukupnya dicampur dengan 2 sdm cuka apel dan 3 sdm plain yogurt. Aplikasikan di wajah, biarkan kering, bersihkan dengan air.

Kurangi Kopi

Kopi sudah tidak asing lagi menjadi minuman sehari-hari bagi banyak orang. Namun kafein memiliki efek dehidrasi, sehingga saat musim dingin tiba konsumsi ini akan berpengaruh terhadap kondisi kulit. Baiknya bagi mereka yang sensitif, tidak ada salahnya untuk ikut mengurangi konsumsi kafein. [][Donna F]]

Editor : Shofi Muhaya