Good Housekeeping

DeveNews.com-Jakarta.  Menghadapi gangguan tikus di rumah memang sangat menyebalkan. Hama yang satu ini dapat berpotensi menyebarkan penyakit apalagi jika diam-diam menyentuh makanan di dalam lemari, kemudian dikonsumsi manusia. Bagaimana mengatasinya?

Menurut Cindy Mannes, juru bicara untuk National Pest Management Association di AS, tidak pernah hanya ada satu ekor tikus di rumah. Berita buruk bagi Anda yang pernah menemukan tikus di dalam rumah, hal ini menunjukkan sebenarnya ada tikus-tikus lain yang sudah masuk ke dalam rumah!

Dilansir dari Good Housekeeping , “Tikus mencari perlindungan yang sama seperti manusia, terutama tempat yang hangat di musim hujan. Jika menemukan seekor tikus di dalam rumah, berarti sudah ada yang lain karena mereka saling mengikuti dan berkembang biak sangat cepat,” ujar Cindy.

Langkah awal untuk membersihkan rumah dari tikus adalah meninjau kembali lokasi-lokasi penuh benda dan lembab di rumah Anda. Tempat seperti gudang, penuh barang dan tidak ada sinar matahari, jadi tempat paling favorit untuk berkembang biak bagi tikus.

Walaupun hanya sebuah gudang, pastikan Anda rutin membersihkannya. Susun barang dengan rapi agar ruangan lebih mudah dibersihkan. Ruangan yang bersih paling tidak kurang disukai oleh tikus sehingga lebih aman untuk dijadikan tempat penyimpanan barang.

Jika tikus sudah terlanjur hidup bersama Anda di dalam rumah, saatnya mulai mencari produk anti tikus di toko. Jika Anda merasa serangan tikus belum parah maka cukup membeli lem jebakan. Namun jika kondisinya sudah sangat parah (misalnya saja tikus berkembang biak di plafond dan sebagainya), Anda baiknya segera menghubungi pembasmi hama profesional.

Sifat alami tikus adalah menggigit barang sehingga jika dibiarkan dapat mengakibatkan barang-barang di rumah Anda cepat rusak. Apalagi jika tikus menggigit kabel listrik yang bertebaran di rumah, hal ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan konslet.

Bagian dapur juga harus menjadi tempat utama yang diberikan perlindungan anti tikus. Anda tidak mau bukan sampai terkena penyakit karena makan makanan yang telah dihinggapi tikus? Di bagian lemari penyimpanan makanan Anda dapat menggoreskan kapur barus anti hama sebagai langkah mudah antisipasi.

Yang terpenting, Anda harus membuat lingkungan rumah ‘dibenci’ tikus. Buat rumah sebersih mungkin dan dijamin tikus akan malas untuk hinggap di dalam rumah Anda. [][Donna F]]