Tips Tidur Berkualitas
independent.co.uk

DeveNews.Com-Jakarta – Banyak penelitian yang menyatakan bahwa kurang tidur memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh. Kali ini DeveNews akan mengulas Tips Tidur Singkat bagi anda yang memiliki aktivitas yang padat. Pada perang dunia 2, kesehatan bukanlah menjadi perhatian utama dari pemerintah Amerika, melainkan bagaimana kurang tidur mempengaruhi performa para pilot penerbangan. Para anggota militer menyadari bahwa kurang tidur berdampak pada eksekusi misi dan pembuatan keputusan yang negatif pada pilot.

Untuk menghindari hal tersebut, tim militer AS mencanangkan sebuah program”tidur singkat’ bagi para pilot agar mereka dapat terlelap dimana saja dan kapan saja yang dikenal sebagai teknik Bud Winter. Eksperimen yang berlangsung selama enam minggu ini dapat membuat pilot tertidur lelap hanya dalam 120 detik saja. Selain itu, 96% partisipan pilot juga mengungkapkan bahwa teknik ini sangat efektif karena mereka dapat tidur pulas walaupun banyak gangguan di sekitar mereka, bahkan setelah meminum kopi.

Nah buat kamu yang memiliki jadwal padat dan sulit tidur, teknik satu ini juga bisa mulai diterapkan lho agar kesehatan fisik dan mental tetap terjaga. Here are the Bud Winter ways to relax and fall asleep in two minutes !

  • Pilih posisi yang nyaman
  • Ketika berada di kantor, kendaraan umum dan lain sebagainya dimana kamu tidak bisa menemukan ranjang, maka kamu harus bisa membuat dirimu berada di posisi senyaman mungkin
  • Rilekskan otot wajah. Langkah ini memiliki peran penting dalam trik tidur Bud Winter karena wajah yang sepenuhnya rileks dapat mengirimkan sinyal positif pada bagian tubuh lainnya sekaligus mengurangi stress.
  • Pejamkan mata dan lakukan rileksasi pada otot-otot wajah, terutama di bagian jidat, pipi, lidah dan rahang. Once you do this, you will start breathing naturally and slow until you fall asleep.
  • Periksa pundakmu. Ketika kita stress, pundak umumnya menjadi mudah tegang dan terasa sakit. Ambil nafas dalam-dalam dan biarkan pundak, lengan serta kaki merasa rileks.
  • Gunakan waktu selama 10 detik untuk mengosongkan pikiran
  • Selagi tubuhmu melupakan stress, mulai ‘matikan’ kinerja otak dengan mengosongkan pikiran dari apapun. Sedikit saja pikiran yang muncul pada otak dapat mengganggu proses ini.
  • Bayangkan tempat dan waktu yang dapat memberikan dirimu ketenangan seperti padang rumput di musim semi, menatap langit biru, danau dan lain sebagainya.

[Bella Setiawati]