Skip Challenge

Devenews.com-Jakarta. Media sosial memungkinkan segala sesuatu menjadi viral. Beberapa waktu lalu, muncul tantangan-tantangan dari media sosial, seperti mannequin challenge atau ice bucket challenge. Kedua tantangan ini cukup populer di seluruh dunia. Akhir-akhir ini, muncul kembali tantangan yang bernama skip challenge yang cukup populer di kalangan muda Indonesia. Namun, berbeda dari tantangan sebelumnya, skip challenge ini bisa dibilang sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Awalnya, tantangan ini sudah muncul sejak tahun 2005 di Inggris. Dengan nama chocking game, permainan ini telah menelan korban jiwa, salah satunya Karnel Haughton asal Birmingham. Permainan ini populer melalui internet dan dilakukan anak-anak muda di dunia.

Skip challenge merupakan tantangan yang dilakukan dengan cara menekan dada seseorang secara berkali-kali selama beberapa waktu. Dada yang ditekan secara keras ini dapat menghambat jalannya pernapasan, sehingga menyebabkan kehabisan napas, kejang-kejang, bahkan pingsan. Neurologi UGM, Dr. dr. Cempaka Thursina, Sp.S (K), mengatakan tantangan ini bisa menyebabkan kematian dan kerusakan otak.

Selain itu, menurut Cempaka permainan ini juga bisa menyebabkan kebutaan dan patah di bagian tulang rusuk. Kurangnya oksigen dapat menyebabkan kebutaan dan stroke. Sedangkan tekanan yang kuat pada dada bisa menyebabkan patah tulang rusuk dan pendarahan pada paru-paru.

Dilansir dari artikel Universitas Gajah Mada, permainan ini populer di kalangan remaja karena tantangan yang berbeda dari lainnya. “Anak-anak dan remaja tetarik untuk melakukan sebuah tantangan baru, termasuk skip challenge,” ujar Profesor Koentjoro, psikologi UGM.

Permainan skip challenge ini memacu adrenalin para remaja agar terlihat berani dan populer sekaligus menarik perhatian. Masalahnya, banyak orang yang tidak mengetahui bahaya dari tantangan ini.

Mungkin awalnya, permainan ini belum merenggut nyawa pemainnya. Namun ketika permainan dilanjutkan, tidak menutup kemungkinan tantangan ini menyebabkan sesuatu yang lebih ekstrim, seperti kematian dan penyakit-penyakit lainnya. Sebelum melakukan sebuah tantangan, cek terlebih dahulu risiko yang akan didapatkan, apalagi jika terlihat berbahaya. Lebih baik waspada dibandingkan nanti tinggal nama.

Waspadai permainan anak-anak!![][Chintya Li]]