Umur Berapa Seseorang Harus Berhenti Mengemudi
aplaceformom.com

DeveNews.Com – Jakarta. Menua adalah bagian lumrah dari hidup. Tidak hanya soal usia dan fisik, bertambah tua berarti kemampuan dan mobilitas seseorang akan menurun, salah satunya adalah kemampuan untuk mengemudikan kendaraan dengan baik. Hal ini pun memicu pertanyaan, lalu kapan baiknya seseorang pensiun dari kegiatan mengemudi? Mengemudi kini menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan oleh hampir semua orang setiap harinya, and it can be a bit sad when we can’t do it anymore.

Hal sulit adalah ketika kita harus meminta orangtua kita untuk berhenti mengemudi di usia lanjutnya. Walaupun sulit, hal ini penting dilakukan untuk menjaga keselamatan banyak orang. Jelaskan mengapa berhenti mengemudi di usia lanjut penting untuk dilakukan, terutama karena kondisi fisik serta kemampuan otak orang-orang yang berada dalam usia lanjut tidak lagi dapat berfungsi dengan maksimal.

Individu yang sudah berusia diatas 50 hingga 60 tahun harus mulai mempertimbangkan untuk menyerahkan ijin mengemudinya, karena di usia tersebut seseorang lebih rentan untuk terkena stress, menurunnya kemampuan untuk mengenali jalan, membaca peringatan, hingga ketidakmampuan untuk mengontrol batas kecepatan. Selain dapat membahayakan diri, mengemudi di usia lanjut juga dapat membahayakan orang-orang dan lingkungan sekitar.

[Bella Setiawati]