Penyakit Saat Liburan Tiba - DeveNews.Com
Sumber Gambar : psychologytoday.com

DeveNews.Com. Dilansir dari laman medicaldialy.com, sebuah studi asal Swedia yang meneliti data selama 16 tahun, menemukan fakta mengejutkan terkait penyakit yang paling banyak diderita seseorang menjelang libur panjang, terutama dalam libur Natal. Serangan jantung adalah penyakit yang paling banyak terjadi ketika musim liburan tiba. Lalu mengapa hal ini bisa terjadi ?

Perubahan cuaca dan udara yang cenderung lebih dingin pada bulan-bulan di akhir tahun menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan pembuluh darah menyempit. Selain itu, liburan umumnya membuat seseorang lebih banyak mengkonsumsi makanan junk food serta minuman dengan kandungan gula tinggi. Kita juga seringkali melupakan olahraga karena sedang dalam masa liburan.

“Menariknya, kebiasaan ini selalu terjadi terutama dalam masa liburan akhir tahun dan walaupun terkesan singkat, kebiasaan ini dapat langung menyebabkan berbagai gangguan penyakit jantung, terutama bagi mereka yang telah memiliki riwayat dalam keluarga,” jelas David Erlinge selaku salah satu peneliti.

David sendiri memberi nama kebiasaan ini sebagai festive stress yang umumnya diderita oleh mereka yang tinggal di Amerika dan Eropa dan memiliki kebiasaan akhir tahun yang rumit serta melelahkan. “Belanja hadiah, mendekorasi rumah, memasak, bebersih adalah segelintir dari banyaknya kegiatan yang seringkali kita harus lakukan agar dapat menikmati momen akhir tahun bersama keluarga. Dan untuk mempersiapkan semua itu dengan sempurna, kita justru merasa kewalahan dan stress tanpa disadari,” jelas Suzanne Roff-Wexler selaku profesor dari New York University.

Linda Saab dan Arash Jayanbakht selaku psikiater dari Wayne State University juga menggaris-bawahi bahwa ekspektasi berlebih dalam merayakan suatu tradisi bisa jadi beban yang mengganggu kesehatan mental seseorang.  Tidak hanya mereka yang harus merayakan bersama keluarga besar, tapi individu yang tinggal sendirian atau jauh dari keluarga pada masa liburan juga dapat mengalami tingkat stress yang sama besarnya.

“We remind people to wear warm clothing and get all their required check-ups and vaccinations before holidays. And as always, make sure to wash your hands and maintain good hygiene habits to reduce the risk of infections,” jelas Linda.

[Bella Setiawati]