Kanker Usus
uofmhealth.org

DeveNews.Com-Jakarta. 60% kanker usus dapat dicegah dan diobati jika disadari lebih awal. Menurut organisasi Fight Colorectal Cancer atau Fight CRC, gejala kanker usus ditandai dengan adanya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada area usus seperti usus halus, usus besar dan lain sebagainya.

Kanker yang dapat menyerang baik pria maupun wanita ini menjadi pembunuh nomor dua akibat kanker terbanyak di Amerika Serikat. Untungnya, kanker usus ternyata dapat kita ketahui gejalanya dengan mudah sehingga kita dapat melakukan kegiatan pencegahan sejak dini.

Rutin melakukan pemeriksaan medis, terutama screening tubuh, dapat membantu kita mengidentifikasi adanya gejala kanker usus atau tidak dalam usia dini. “Kanker usus dapat diobati jika diketahui sedini mungkin. Ada beberapa kasus dimana orang-orang seringkali menganggap enteng konstipasi yang mereka alami, padahal hal tersebut bisa menjadi gejala awal penyebab kanker usus. Proses penyembuhan akan semakin sulit dilakukan jika kanker tersebut sudah menyebar dan merusak bagian pencernaan lainnya pada tubuh,” jelas salah satu peneliti.

Selain berpotensi dialami orang-orang berusia lanjut, kanker usus juga dapat dialami oleh para dewasa muda. Faktanya, menurut Fight CRC, setidaknya 1 dari 20 orang di diagnosa menderita kanker usus setiap harinya. Lalu apa saja gejala awal kanker usus yang dapat kita jadikan acuan untuk waspada?

  1. Sakit perut

Sakit perut terutama rasa tidak enak yang disebabkan oleh gas berlebih dan tidak kunjung sembuh dapat menjadi pertanda awal kanker usus. Otot perut yang mudah kram dan rasa kembung yang dirasakan bisa menjadi tanda bahwa ada yang salah dengan sistem pencernaan kita.

  1. Mudah lelah

Rasa lelah yang terus menerus dirasakan padahal kita sudah beristirahat dengan cukup dapat menjadi pertanda awal kanker usus, karena adanya pendarahan dalam yang terjadi pada area polyps. Anemia adalah salah satu gejala umum kanker akibat adanya perkembangan sel kanker yang liar dan memakan kebanyakan energi tubuh.

  1. Berat badan turun drastis

Berat badan yang tiba-tiba mengalami penyusutuan hingga lebih dari 10kg dalam beberapa bulan dapat menjadi pertanda adanya kanker usus.

  1. Pendarahan

Konstipasi disertai pendarahan dapat menjadi pertanda kanker usus. Keluarnya cairan gelap seperti darah menggumpal setiap kali buang air sangat patut untuk di waspadai.

Tetapi alangkah baiknya jika Anda periksakan ke dokter untuk hasil yang lebih akurat.

[Bella Setiawati]