Cara Atasi Komedo
newsapi.com.au

DeveNews.Com-Jakarta. Mencabut paksa komedo seringkali dilakukan kaum hawa agar kulit bebas dari bintik-bintik hitam. Komedo sendiri sangat sulit untuk dihindari, begitu pula atasi komedo karena termasuk dalam kategori jenis jerawat. Butuh usaha ekstra mulai dari mengganti produk perawatan kulit hingga pola hidup agar terbebas dari komedo. Komedo sendiri tercipta akibat adanya penumpukan kotoran terutama pada kulit berminyak. Kotoran yang menumpuk, ditambah timbunan sel-sel kulit mati dapat menyumbat folikel rambut pada wajah sehingga warna kulit di daerah tersebut berubah menjadi kehitaman.

Ketika pori-pori sudah tertutup, maka akan timbul jerawat aktif atau whiteheads. Komedo sendiri banyak ditemukan di area sekitar hidung. Banyak dari kita yang memaksa untuk memencet atau mencabut komedo tanpa bantuan ahli kulit professional, dimana justru kebiasaan ini dapat merusak atau bahkan memperparah kondisi kulit kita. Dilansir dari laman medicaldialy.com, berikut beberapa cara alami yang dapat kita lakukan untuk mengatasi komedo tanpa perlu menyakiti kulit !

  1. Proses Steaming

Letakan wajak diatas mangkok yang berisi air panas, lalu tutup wajah dan area sekitar kepala dengan handuk bersih. Biarkan uap panas dari mangkok membuka pori-pori secara alami dan membuang komedo yang terperangkap di dalamnya.

  1. Selalu bersihkan makeup

Komedo tercipta dari kotoran yang menumpuk pada kulit. Produk-produk makeup terbuat dari pewarna buatan, minyak, pewangi dan bahan lainnya yang dapat menyumbat pori-pori. Oleh karena itu, seberapa lelahnya kita, kita harus selalu memastikan untuk membersihkan kulit wajah dari makeup setiap harinya, terutama pada malam hari sebelum tidur.

  1. Gunakan pembersih berbahan alami

Gunakan pembersih wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti madu. Gunakan secara rutin sebelum dan sesudah bangun tidur untuk mencegah tersumbatnya pori-pori. Bersihkan kulit setidaknya 2x sehari agar tetap terhidrasi dengan baik.

  1. Lakukan eksfoliasi

Gunakan scrub alami atau memiliki formula lembut untuk mengeksfoliasi kulit setidaknya 2x dalam seminggu agar sel-sel kulit mati tidak tertumpuk di lapisan epidermis dan menyumbat pori-pori. Mereka yang memiliki kulit wajah sensitif harus extra hati-hati dalam melakukan proses satu in agar tidak mengiritasi kulit.

  1. Pastikan kelembapan kulit selalu terjaga

Kulit yang terhidrasi dengan baik dapat mengurangi produksi minyak/sebum, sekaligus mencegah terbentuknya komedo. Oleh karena itu apapun jenis kulitmu, menggunakan pelembab secara rutin adalah wajib.

[Bella Setiawati]