Ist

DEVENEWS.COM – Jarang dimasuki oleh orang lain tidak berarti kamar pribadi Anda terhindari dari serangan bakteri dan kuman. Coba tips dan trik jitu di bawah ini untuk menjaga kebersihan kamar tidur Anda di rumah:

1.Perhatikan Kebersihan Tempat Tidur

Kasur Anda adalah tempat untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas, dan terkadang banyak orang masih merasa malas untuk menjaga kebersihannya. Jika Anda tidur dengan anak-anak, rutin berhubungan seks, sering berkeringat di malam hari, dan tidak tidur sendirian, maka Anda harus lebih rajin mengganti sprei. Faktor-faktor tersebut berpengaruh menambah pundi-pundi bakteri di kasur jika tidak rutin dibersihkan.

2.Hindari Menumpuk Pakaian Kotor

Percaya atau tidak, kebiasaan menumpuk pakaian kotor pasti dilakukan oleh banyak orang. Terutama mereka yang kamar mandinya ada di dalam kamar, setelah mandi pakaian kotor otomatis diletakkan begitu saja di dalam. Jika tidak memiliki bantuan asisten pembersih di rumah, pakaian kotor ini bisa menumpuk hingga berhari-hari. Biasakan untuk menjaga kebersihan dan kerapihan kamar, setelah mandi segera letakkan pakaian kotor di area mesin cuci. Pakaian kotor yang menumpuk hingga berhari-hari juga berpotensi besar menjadi sarang bakteri dan kuman dari luar.

3.Bersihkan Area-Area Datar

Sekali dalam sebulan, luangkan waktu untuk membersihkan area-area datar seperti bagian atas lemari dan meja di kamar. Area-area ini seringkali terlupakan dan akhirnya jadi tempat menumpuknya debu selama berbulan-bulan. Debu-debu ini bisa jadi sumber sesak nafas dan alergi bagi penghuni kamar yang sensitif.

4.Pastikan Cahaya Matahari Bisa Menerangi Area Kamar

Ruangan yang sehat dapat memperoleh akses sinar matahari cukup. Pagi hari, buka jendela kamar agar sinar matahari masuk ke dalam. Hal ini juga sangat diperlukan untuk sirkulasi udara setelah semalaman ditutup rapat-rapat dengan udara dari AC saja.

5. Hindari Makan di Dalam Kamar

Untuk menjaga kebersihan kamar tidur, sebaiknya hindari makan dan minum minuman manis di dalamnya. Remah-remah makanan yang berjatuhan bisa jadi sumber magnet bagi semut, kecoak, dan lainnya. Baiknya Anda membiasakan diri hanya mengkonsumsi makanan dan minuman di area dapur saja. [Donna]