Ilustrasi Mata bengkak

Devenews.com – Mata bengkak kadang suka terjadi disaat bangun tidur, kondisi ini membuat pandangan yang tak enak muncul ketika mata anda terlihat bengkak dan merah karena lelah serta wajah terlihat tidak segar.

Melansir Medical News Today, mata bengkak saat bangun tidur bisa disebabkan beberapa hal, seperti:

  • Kurang tidur atau kebanyakan tidur,
  • Tidur tanpa membersihkan riasan wajah, hal ini bisa menyebabkan kulit sekitar mata yang cenderung sensitif teriritasi
  • Mengonsumsi makanan tinggi natrium atau garam di malam hari; seperti makanan cepat saji, makanan instan, makanan berpengawet, aneka keripik, dll.
  • Dehidrasi atau kekurangan cairan
  • Efek samping mengonsumsi minuman beralkohol
  • Perubahan hormon menjelang haid
  • Alergi debu, bulu, atau serbuk sari
  • Infeksi sinus; selain mata bengkak, penyakit ini juga ditandai rasa nyeri di wajah, pilek, hidung tersumbat sakit kepala di bagian depan wajah, sakit gigi, demam
  • Kelenjar tiroid tidak aktif atau hipotiroid; selain mata bengkak, gejala penyakit ini yakni berat badan naik, mudah lelah, gampang kedinginan, kulit kering, rambut menipis
  • Penyakit sindrom cushing

Yuk simak tips mengatasi mata yang bengkak saat bangun tidur berikut ini:  

Susu krim

Minum susu yang dingin, usapkan ke mata yang sakit, Diamkan selama setengah jam sebelum Anda membilasnya dengan air bersih.

Mentimun

Mentimun tidak hanya enak dijadikan lalapan saja, namun mentimun juga dapat mengatasi pembengkakan pada mata, Caranya mudah, anda potong mentimun lalu masukkan kedalam kulkas dan biarkan hingga dingin, saat anda sudah yakin dingin kemudian kompres pada mata.

Tambahkan bantal

Menambahkan bantal lain saat tidur dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya  pembengkakan. Cobalah tidur dengan beberapa bantal. Dengan kepala ditinggikan memungkinkan untuk berkurangnya retensi cairan di bawah mata.

Minyak kelapa alami atau minyak zaitun

Minyak ini bisa digunakan untuk mata yang sakit dan mengurangi bengkak. Pijat mata lelah Anda dari atas ke bawah sehingga meningkatkan sirkulasi darah di daerah itu. Pijat mata Anda dengan minyak alami akan memberikan keajaiban.

Kentang

Khasiat kentang di percaya telah puluhan tahun oleh warga eropa dan terbukti dapat mengatasi sakit kepala, bengkak dan rasa nyari. Untuk mengatasi bengkak pada mata ambil satu buah kentang di kupas kulitnya hingga bersih dan cuci, kemudian di parut hingga halus, masukkan kedalam kain bersih yang cukup tipis dan kompreskan pada mata yang sakit sambil tiduran.

Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu cara paling simpel mengatasi bengkak pada mata adalah banyak meminum air putih, alasannya karean air dapat mempercepat proses pemulihan tubuh yang mengalami ketidak normalan termasuk bengkak. Memang cara ini tidak secepat dengan cara yang lain, tapi bisa anda kombinasikan dengan metode di atas agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: The Little Mermaid, Cerita Cinta Putri Duyung dan Keindahan Bawah laut

Indira