LE SSERAFIM

DeveNews.comPenampilan kedua LE SSERAFIM di Coachella 2014 kembali menimbulkan kontroversi di kalangan netizen. Hal ini karena mereka tampil dengan suara augmentasi realitas (AR) dengan volume yang lebih besar dibanding penampilan sebelumnya.

LE SSERAFIM kembali tampil di Coachella 2024 pada Minggu (21/4/2024), mereka pun kembali membawakan lagu “Antifrafile” kemudian dilanjutkan dengan penampilan “Fearless”.

Dalam penampilan kedua mereka, LE SSERAFIM terlihat lebih percaya diri. Hal ini tercermin dari senyuman manis anggota grup dan penampilan yang lebih unggul dibandingkan dengan penampilan sebelumnya pada Sabtu (14/4/2024).

Namun, netizen justru lebih memperhatikan volume AR yang digunakan oleh girl group asuhan HYBE tersebut.

Mereka menilai bahwa vokal LE SSERAFIM lebih baik karena volume suara AR atau suara anggota yang telah direkam sebelumnya (backsound) lebih besar dibandingkan dengan suara live mereka.

Tak hanya itu, netizen juga mengamati bahwa vokal yang dikeluarkan oleh LE SSERAFIM lebih rendah dan kurang jelas terdengar dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

“Peningkatan nyata dalam volume dan ketergantungan pada AR,” tutur salah satu netizen.

Meskipun begitu, ada juga netizen membela Girlgroup ini dengan berpendapat bahwa nyanyian live minggu lalu lebih menunjukkan bakat sejati group tersebut daripada menggunakan suara AR yang lebih besar.

Selain itu, penggunaan AR dilakukan untuk menekan kritik yang ditujukan untuk girl grup tersebut usai penampilan minggu pertama mereka.

“Jika terlihat bahwa mereka berusaha semaksimal mungkin, meskipun kelelahan, maka saya pikir mereka pada akhirnya akan mendapatkan lebih banyak dukungan dan rasa hormat. Tapi mulai sekarang saya rasa kita tidak akan pernah bisa melihat mereka bernyanyi secara langsung. Dimanapun,” tulis netizen.

“Bahkan jika mereka akan mengacaukan nyanyian live, saya lebih memilih live mereka di minggu pertama. Setidaknya kita bisa merasakan suasana dan vokal live mereka, dan itu terdengar jauh lebih alami. Sekarang yang kita dengar hanyalah lebih banyak suara elektronik. Itu terasa canggung,” sambung netizen lainnya.

Baca Juga : https://www.devenews.com/irene-suwandi-siap-debut-di-korea-selatan-idol-kpop-asal-indonesia-semakin-bertambah/

Mengutip dari Korea IIbo diketahui bahwa LE SSERAFIM menggunakan AR yang lebih besar karena sempat ada momen yang memperlihatkan bagian suara AR yang terputus sehingga suara ketujuh anggota tersebut mendadak hilang.

Kalo menurut pendapat DeVers lebih baik penampilan LE SSERAFIM yang mana nih? 

[Dani Zahra]