Sumber : cdn1

Devenews.com-Jakarta. Psikopati merupakan suatu kondisi gangguan kesehatan mental yang tidak dapat terdeteksi secara kasat mata dalam diri seseorang, which means saat ini kamu bisa saja sedang bersebelahan dengan seorang psikopat dan kamu tidak mengetahuinya. Jadi bagaimana cara membedakan seorang psikopat dari seorang biasa ? Sebuah penelitian menyatakan bahwa jurusan perkuliahan yang mayoritas dipilih oleh para psikopat adalah jurusan bisnis dan ekonomi.

Penelitan yang diterbitkan secara online dalam Personality and Individual Differences ini membuktikan bahwa individu dengan sifat “gelap” seperti psikopatik dan narcissism cenderung memilih jurusan bisnis dan ekonomi dalam dunia perkuliahan. Seorang Psikopat Biasanya Menyukai Jurusan Perkuliahan Ini! Studi ini juga sekaligus membuktikan bahwa dark personality dapat turut mempengaruhi proses pemilihan minat seseorang dalam menentukan jurusan di bidang pendidikan.

Dilansir dari medicaldaily penemuan ini juga diperoleh berdasarkan survey dan tes kepribadian terhadap lebih dari 400 siswa di Denmark dalam menentukan jurusan favorit mereka sesuai dengan karakteristik masing-masing siswa. Menuruth The Indy 100, studi ini dilakukan secara spesifik teapt sebelum para siswa tersebut memulai studinya agar peneliti dapat lebih mengenal hubungan antara karakter siswa dengan jurusan yang dipilihnya, tanpa adanya campur tangan dari lingkungan sekitarnya.

Jurusan psikologi sendiri menjadi jurusan terendah dalam peringkat jurusan yang diminati oleh orang-orang dengan dark personality  ini. Berdasarkan jurnal yang diterbitkan oleh Psychology Today, seseorang dengan gangguan mental yang dikategorikan dalam dark triad personality (termasuk psikopatik) cenderung memiliki tingkat empati yang rendah terhadap sekitarnya, kepercayaan diri berlebih serta merasakan kebutuhan untuk menjadi seseorang yang  mengontrol segala sesuatu (power oriented).

            Walaupun begitu, orang-orang dengan kepribadian ini terbukti lebih sukses dan beruntung dalam hal percintaan. Berdasarkan studi yang dilakukan terhadap 90 partisipan, seseorang dengan dark train personality mampu memberikan kesan mendalam ketika pertama kali bertemu dengan pasangan dalam kencan buta. “Individu dengan dark triad personality umumnya mengejar hubungan dalam jangka pendek, dimana mereka juga memiliki teknik mating yang berbeda dari kebanyakan orang,” jelas Emanuel Jauh, koresponden sekaligus penulis jurnal psikologi dalam PsyPost.

Selain itu, sifat perfeksionis juga dapat ditemui dalam diri seseorang dengan dark triad personality ini. Menurut studi dari University of Kent, individu ini memiliki level perfeksionis dan standar yang tinggi terutama dalam hal pekerjaan. Mereka juga akan kesal dan marah ketika orang disekitarnya tidak mampu mencapai standar tersebut. Para individu ini juga terkenal dengan kerpibadiannya yang tidak begitu suka bergaul dengan orang banyak (anti-social behavior).

Tapi tak berarti jurusan ini diisi dengan psikopat ya![][Bella Setiawati]