Devenews.com- Jakarta. Binge Eating Disorder adalah sebuah kondisi yang perlu diperhatikan. Binge Eating atau makan berlebihan biasanya tidak dianggap sebagai hal serius bagi kebanyakan orang. Banyak yang berpikir binge eating hanya kondisi yang muncul saat seseorang sedang mengalami stress. 

Namun dilansir dari Readers Digest, ternyata ilmuwan di Kanada sudah menetapkan Binge Eating sebagai sebuah penyakit medis. Disebut sebagai Binge Eating Disorder (BED), kondisi ini harus mendapatkan pertolongan profesional dari psikologis.

Kondisi Binge Eating Disorder yang kronis dapat menghancurkan rasa percaya diri hingga kehidupan penderitanya. Ia akan makan dan makan terus tanpa kontrol, hingga berat badannya melambung mencapai angka obesitas tertinggi. Dan kondisi ini sudah banyak diderita oleh orang obesitas di seluruh dunia.

BED ditandai dengan keinginan makan yang tidak terkontrol, dan keinginan makan berlebihan dibandingkan orang lain. Saat orang lain makan secukupnya, penderita BED berpikir untuk makan sebanyak-banyaknya walaupun sebetulnya ia sudah merasa kenyang.

Setelah aksi makan besar tersebut, penderita BED akan merasa menyesal. Menyesal karena tidak dapat menahan keinginan makan yang padahal tidak perlu dituruti karena ia tidaklah lapar. Kondisi ini terjadi berulang-ulang hingga penderita semakin gemuk dan semakin kehilangan kepercayaan diri.

Menurut penelitian, kondisi BED tidak hanya sekedar masalah makan. Kondisi ini berkaitan dengan psikis penderitanya. Banyak orang yang makan berlebihan karena merasa stress atau tidak bahagia, sehingga mengaku mencari pelarian lewat makanan. Dan banyak yang berpikir hal ini hanya fase singkat yang tidak perlu dianggap serius.

Jika memang hanya terjadi sekali dua kali, mungkin Anda tidak perlu menganggap serius. Namun bagaimana dengan mereka yang tidak dapat mengontrol dan justru semakin parah semakin harinya? Dibutuhkan pertolongan profesional untuk mengatasi hal ini.

Saran terbaik, jika memang pertolongan profesional tidak murah dan sulit dicari, ada baiknya Anda yang terindikasi BED untuk mulai melakukan sharing dengan teman atau keluarga terdekat. Sadari bahwa Anda memiliki kondisi kelainan makan dan minta mereka untuk membantu Anda agar dapat mengontrol keinginan untuk makan.

Terutama bagi Anda yang sudah memiliki BMI di atas rata-rata normal, segera cari pertolongan untuk mengkomunikasikan kelainan makan yang Anda miliki. Jangan biarkan BED menghancurkan psikologis dan kehidupan sosial Anda.

Hemmm.. Kontrol keinginan makannya Guys! []

[Donna]]