Suster Irene - 1 the nun 2
Suster Irene - 1 the nun 2

DeveNews.com – Review Film The Nun II – The Nun II resmi dirilis pada Rabu, 6 September 2023 lalu dan merupakan salah satu franchise dariThe Conjuring” yang cukup dinantikan.Kira-kira, apa yang bisa diekspetasikan dari film ini?

The Nun II merupakan kelanjutan dari film pertamanya dengan judul yang sama, yaitu The Nun. Para pemerannya pun juga masih dilakukan oleh orang yang sama seperti Taissa Farmiga sebagai Irene, Bonnie Aarons sebagai Valak, dan Jonas Bloquet sebagai Frenchie atau yang dalam film ini lebih dikenal dengan nama Maurice. Berbeda dengan The Nun I yang disutradarai Corin Hardy, The Nun II digarap oleh Michael Chaves yang juga menyutradarai film The Curse of La Llorona (2019) dan The Conjuring: The Devil Made Me Do It (2021). Penasaran dengan keseruan The Nun II”? Bagi para DeVers penggemar horror atau yang memang mengikuti serial “The Conjuring, simak artikel ini, ya!

Review film The Nun II - Valak
Review film The Nun II – Valak
  • Sinopsis

Mengambil latar Prancis pada tahun 1956. Film dimulai dengan kisah pembunuhan seorang imam Katolik di sebuah gereja dengan kondisi terbakar hidup-hidup. Setelah 4 tahun berhasil selamat dari Biara Santa Carta di Romania, Suster Irene menjalani hidupnya sebagai biarawati di Prancis. Di sana, Irene bertemu dengan suster lain yang salah satunya adalah Debra, suster yang cukup bermasalah pada saat itu oleh suster kepala karena menolak melakukan pengakuan dosa. Walau begitu, Irene sudah berusaha menjalani hidupnya dengan tenang. Namun, hal itu tidak berlangsung lama karena Irene mendapat perintah dari paus untuk menyelidiki kasus pembunuhan imam Katolik di Prancis. Di sisi lain, Frenchie alias Maurice bekerja di sebuah asrama Katolik khusus Perempuan sebagai seorang pelayan dan merasakan ada yang aneh pada dirinya. Bagaimana kelanjutan kisahnya? Tonton teaser filmnya di sini.

  • Level Horror Minim, Berfokus kepada Alur

Bagi DeVers yang mengharapkan film ini akan membuat penonton ketakutan sampai tidak bisa tidur sepertinya akan kecewa. Belajar dari film Chaves sebelumnya, The Curse of La Llorona dan The Conjuring: The Devil Made Me Do It memang tidakmemberikan unsur horror to the max dan lebih fokus kepada alur ceritanya, mungkin bisa dibilang lebih berfokus kepada drama yang dibumbui nuansa horror. Hal yang sama berlaku pada film “The Nun II” yang lebih berfokus kepada kisah Maurice sebagai medium Valak untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, sampai akhirnya tiba di sebuah sekolah asrama Katolik khusus perempuan di Prancis.

  • Review film the nun II : Plot Cerita yang Mudah Dicerna dan Sekilas Masa Lalu Suster Irene
Suster Irene - 1 the nun 2
Suster Irene – 1 the nun 2

Film horror tidak harus selalu mengandalkan jumpscare atau elemen horror lainnya. Salah satu hal yang patut diakui dari kisahThe Nun IIadalah adanya korelasi masa lalu dari Suster Irene dengan bagaimana caranya mengalahkan Valak. Diketahui dalam film tersebut bahwa Irene merupakan keturunan dari Santa Lusia yang menjadi korban kebengisan Diokletianus (berdasarkan kisah di dunia nyata). Santa Lusia mengalami penyiksaan yang hebat dan kedua matanya sempat dicungkil keluar dan dibakar. Namun, Santa Lusia pada akhirnya meninggal karena pedang yang menghunus lehernya. Kedua mata Santa Lusia disimpan sebagai relik suci dan relik inilah yang diincar oleh Valak untuk memeroleh kekuatan. “The Nun IImelanjutkan langsung dari film pertamanya sehingga DeVers tidak akan kesulitan binge watching untuk memahami kisahnya.

  • Bocoran Film Berikutnya

The Nun IImemang tidak memberikan kengerian yang luar biasa. Namun, hal ini tidak menjadi alasan bagi DeVers untuk merasa ragu. DeVers bisa tetap menikmati film ini dengan memahami alur ceritanya karenaThe Nun IIkemungkinan besar memiliki konekso dengan serial keempat Conjuring, yaituThe Conjuring: The Last Rites” yang sedang dalam penggarapan. Bocorannya sendiri ditampilkan dalam film “The Nun II” pada teaser pendek di akhir film.

DeVers, itulah Review Film The Nun II, kira -kira kalian tipe penikmat horror drama atau yang full jumpscare, nih?

[Felicia]

Baca juga : https://www.devenews.com/the-nun-2-sudah-tayang-di-bioskop-valak-is-return/